Langsung ke konten utama

Panglima TNI : Pembebasan Sandera Di Papua Bukti Sinergitas TNI - Polri

Panglima TNI : Pembebasan Sandera Di Papua Bukti Sinergitas TNI - Polri

Bandung - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyatakan keberhasilan membebaskan warga Kampung Kimberly, Banti, dan Utikini, Kecamatan Tembagapura, Kabupaten Mimika, Papua, dari isolasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Jumat (17/11/2017) merupakan wujud sinergitas yang baik antara Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).
“Di Papua itu wujud kerja sama yang baik antara Polri dan TNI sesuai fungsi dan tugas masing-masing untuk memberikan rasa aman bagi warga. Kepolisian menjaga dan mengamankan warga, TNI bergerak senyap sejauh 4,5 kilometer kami tempuh, ada yang tiga hari, empat hari. Kami melakukan serangan di dua tempat, yakni markas mereka, ini dilakukan oleh Kopassus, Batalion 751 Raider, dan Taipur Kostrad,” kata Gatot seusai menyampaikan orasi ilmiah di Kampus Universitas Islam Bandung (Unisba), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Sabtu (18/11).

Menurut Gatot, TNI dan Polri sudah bekerja sesuai fungsinya masing-masing sehingga mampu membebaskan warga yang disandera KKB. ‎Ia pun menegaskan tidak akan memberi ruang sedikit pun bagi siapa saja yang ingin merusak kondusifitas Indonesia.
“Saya sampaikan bahwa tidak ada sejengkal tanah pun di Indonesia bahwa orang tidak merasa aman. Pasti TNI, Polri dan juga pemerintah hadir sesuai fungsinya masing-masing,” kata tegas Panglima TNI.
Jendral Gatot memaparkan, dalam‎ operasi penangkapan tersebut, kepolisian bertugas menyiagakan pengamanan di daerah pemukiman penduduk. Sementara TNI bergerak senyap dengan menempuh jarak 4,5 kilometer selama 4 hari menuju tempat penyanderaan.
Kemudian lanjut dia, pasukan gabungan yang terdiri dari Kopasus, Batalion 751 Rider serta Taipur Kostrad melakukan serangan di dua tempat yang merupakan markas KKB. Meski bersama-sama dengan masyarakat, KKB tersebut akhirnya terdesak dan berhasil ditangkap.
Setelah semuanya berhasil mereka terdadak karena mereka bersama-sama dengan masyarakat. Perintah saya yang utama adalah keselamatan sandera, maka dilakukan benar pada pagi hari‎,” paparnya.

Panglima melanjutkan, setelah berhasil menguasai pemukiman warga yang dijadikan tempat penyanderaan oleh KKB. Pihaknya pun memerintahkan aparat setempat untuk segera melakukan evakuasi terhadap warga yang disandera.
‎”Setelah dikuasai baru saya perintahkan Pangdam dengan pak Kapolda datang ke sana untuk melakukan evakuasi. Sebelum evakuasi saya perintahkan kiri kanan jalan harus aman. Ini semuanya saya yakin berkat mukjizat dari Allah SWT,” kata dia.
Menurutnya, tidak semua warga yang menjadi korban penyanderaan KKB‎ adalah orang asli kampung tersebut melainkan ada dari beberapa wilayah lain di Indonesia. Pihaknya pun akan memberikan pengawasan dan penjagaan ketat bagi warga yang memilih menetap dan bertahan.
“Yang bukan asli kampung situ ada warga dari Makassar dan segala macem‎, ada dari Timika juga dibawa, diungsikan, tapi yang kampung itu tetap dijaga agar jangan sampai diganggu,” kata dia.
Sementara terkait KKB yang berhasil meloloskan diri, Gatot menyatakan tetap berupaya melakukan pengejaran dan penangkapan. Di samping itu, Ia pun meminta agar pasukan yang bertugas lebih mengutamakan keselamatan warga‎ yang menjadi sandera.
Masih dilakukan pengejaran, tapi fokus saya kesampingkan semuanya karena yang paling penting adalah sandera harus selamat,” tandasnya.(*)

#sinergitas TNI-Polri, #keberhasilan TNI-Polri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wapres Jusuf Kalla Terima Kunjungan Pimpinan HPC Afghanistan Di Istana Wapres

Wapres Jusuf Kalla Terima Kunjungan Pimpinan HPC Afghanistan Di Istana Wapres Jakarta - Wapres Jusuf Kalla menerima Mohammad Karim Khalili Pimpinan High Peace Council (HPC) Afghanistan di Istana Wapres ,Rabu (22/11). Pihak-Pihak yg bertikai di Afghanistan datang ke Indonesia untuk belajar kepada Pak Jusuf Kalla atas kesuksesannya menyelesaikan konflik bersenjata yg terjadi puluhan tahun di Aceh dengan damai termasuk sukses Pak JK menyelesaikan konflik antar agama dan etnis di Poso, Ambon dan Sampit Kalteng secara damai. Seluruh delegasi High Peace Council (HPC) dari Afghanistan ini akan mengunjungi Banda Aceh dan beberapa tempat bekas daerah konflik yg kini kondisinya sangat kondusif dan damai.(*) #NKRI harga mati, #Jokowi-JK, #Turn back hoax

Polres Anambas Tangkap Tangan Bandar Sie Jie Saat Transaksi

Anambas  - Jajaran Polres Anambas menangkap penjual dan pembeli kupon judi Sie Jie di salah satu warung di Pasar Sayur di Jl Hang Tuah Tarempa, Kecamatan Siantan, Anambas . Afizal (penjual) dan Moh Sani (pembeli) berhasil ditangkap dalam Operasi Pekat Seligi 2017 yang dilakukan Polres Anambas. "Sasaran prioritas kita adalah judin premanisme dan miras. Ketika kita melaksanakan operasi, kedua tersangka perjudian sedangkan melakukan transaksi jual beli Sie Jie," kata Kapolres Anambas AKBP Junoto dalam rilisnya, Minggu (17/12/2017). Junoto menceritakan, kedua tersangka di sebuah warung di Pasar Sayur di Jl Hang Tuah Tarempa dengan barang bukti uang Rp 1.070.000, -. Lalu, satu unit handphone, 2 blok kertas untuk menulis nomor, satu buku mimpi, 2 pena hitam dan satu explorer tulisan nomor yang sudah keluar. "Tindakan kita menahan barang bukti, melakukan pemeriksaan saksi-saksi dan proses penyidikan. Kedua tersangka saat ini sudah di Maplosek Siantan," jel

Gubernur Kepri : Tingkatkan Kualitas Keimanan Kita Dengan Salat Subuh Berjemaah

Tanjungpinang - Gubernur Kepri Dr. H. Nurdin Basirun, S.Sos, M.Si bersama dengan Sekretaris Daerah Provinsi Kepri DR. H. TS Arif Fadillah, S.Sos, M.Si kembali melaksanakan Safari Subuh. Untuk Subuh ini Nurdin melaksanakan salat subuh berjemaah dimesjid Jabal Hidayah Km. IX Perumahan Galang Permai Tanjungpinang, Selasa (20/03/2018).  Gubernur Kepri melalui Sekda Prov Kepri DR. H. Arif Fadillah, S.Sos, M.si mengatakan agar bersama sama kita tingkatkan iman dan taqwa kita dengan melaksanakan salat subuh berjamaah. " Mari kita wujudkan kebersamaan untuk pembangunan Kepri. " Jelasnya. Seperti yang diketahui, Gubernur Kepri Dr. H. Nurdin Basirun setiap subuh melaksanakan salat subuh berjemaah secara bergilir di setiap mesjid ataupun surau yang berada di Kota Tanjungpinang. Kegiatan ini telah dilaksanakan Nurdin sejak tahun 2017 yang lalu.